Raya Dieng 2 Malang | Telp +62 (341) 551143 / +62 813 3410 2323
Home
Contact

Article

Selasa , 05 Jun 2018 16:30:10

Mengapa Perlu Gosok Gigi Sebelum Tidur ?

Kebanyakan orang menggosok gigi sehari dua kali, yaitu saat mandi pagi dan menjelang tidur. Namun yang terjadi, seringkali karena kelelahan usai beraktivitas seharian, Anda langsung tertidur tanpa menggosok gigi.


Padahal, gigi yang tidak sehat bisa berujung pada berbagai penyakit, mulai dari penyakit jantung hingga paru. Sebagaimana dilansir Klikdokter, ini dia alasan mengapa Anda perlu gosok gigi sebelum tidur:


1. Rendahnya air liur antibakteri pada malam hari menyebabkan Anda lebih rentan terhadap zat-zat pemicu gigi berlubang dan penyakit gusi. Aktivitas tubuh dalam melakukan self cleansing oleh air liur juga berhenti sehingga bakteri akan aktif melakukan kolonisasi dan menghasilkan asam.


2. Fluoride dalam pasta gigi dapat mencegah gigi berlubang. Selain itu, saat Anda tidur malam, waktu perlekatan fluoride pada gigi menjadi lebih lama sehingga memengaruhi restrukturisasi pada gigi. Alhasil, gigi Anda pun menjadi lebih kuat.


3. Tanpa menggosok gigi sebelum tidur, plak pada gigi akan mengeras sehingga terbentuklah karang gigi yang menyebabkan masalah bau mulut serta gusi berdarah.


4. Zat aktif yang ada pada pasta gigi dan obat kumur dapat mengalami waktu perlekatan yang lebih baik terhadap gusi. Dengan demikian, regenerasi sel pada gusi bisa terjadi lebih baik.


5. Bakteri berbahaya yang ada pada rongga mulut adalah bakteri anaerob, yaitu bakteri yang berkembang biak tanpa adanya oksigen. Tanpa adanya zat aktif dari pasta gigi, bakteri ini akan mengambil keuntungan dengan berkembang lebih pesat saat Anda tertidur.


Para ahli mengatakan, waktu terbaik untuk menggosok gigi adalah sebelum tidur malam. Hal ini karena ketika tidur, semua aktivitas tubuh akan menurun, termasuk produksi air liur. Fungsi air liur ini adalah untuk melindungi gigi dari gigi berlubang, mencegah perkembangan bakteri yang tidak terkontrol, membersihkan sisa-sisa makanan, dan sebagainya.


Jika Anda tidak menyikat gigi sebelum tidur dan produksi air liur berkurang, plak lengket yang tertinggal di gigi menjadi tidak bisa dibilas dan bila tertinggal untuk waktu yang lama, maka akan lebih banyak gigi yang menderita akibat kerusakan gigi.


Sementara itu, waktu yang paling tidak disarankan untuk menggosok gigi adalah segera setelah minum atau makan sesuatu yang asam misalnya, jus buah, smoothies, cuka, soda, atau wine. Mengonsumsi sesuatu yang asam akan membuat lapisan luar gigi Anda lebih lembut dan menggosok gigi pada saat ini akan merusak permukaan gigi serta membuatnya lebih sensitif.


Biasakan menggosok gigi dua kali sehari, usai sarapan dan sebelum tidur. Menggosok gigi memicu regenerasi biofilm yang baik pada permukaan gigi, sehingga gusi dan gigi menjadi sehat.


Pada malam hari, zat aktif yang ada pada pasta gigi juga akan tersimpan baik dalam mulut, sehingga kemungkinan terjadi gigi berlubang dan masalah mulut lainnya sangat kecil.


sumber : https://kabar6.com/mengapa-perlu-gosok-gigi-sebelum-tidur/


©2018 www.grahamaya.com, All Right Reserved