Raya Dieng 2 Malang | Telp +62 (341) 551143 / +62 813 3410 2323
Home
Contact

Article

Senin , 30 Jul 2018 18:41:22

4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menyikat Gigi

Menyikat gigi penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sayangnya, tak hanya cukup menyikat gigi agar gigi kuat dan tidak ompong hingga tua.

Menyikat gigi juga harus dilakukan dengan baik dan benar. Nah, kesalahan-kesalahan ini bisa menyebabkan gigi bolong dan rusak meskipun sudah rutin menyikat gigi.

Apa saja? Dilansir Healthline, berikut 4 kesalahan yang sering dilakukan saat menyikat gigi.

Apa yang jadi pertimbangan kamu saat membeli sikat gigi? Merek atau harganya? Pakar mengatakan untuk memilih sikat gigi yang tepat, harus dilihat dari kekuatan dan kualitas bulu sikatnya.

Pilih sikat gigi dengan bulu lembut. Fungsi bulu lembut adalah lebih fleksibel dan bisa menyelinap di sela-sela gigi untuk membersihkan plak yang menempel.

Jangan pilih sikat gigi dengan bulu yang keras karena berisiko menyebabkan pendarahan dan infeksi.

Sikat gigi tidak hanya membersihkan gigi saja. Bagian mulut yang lainnya juga harus dibersihkan lho.

Selain gigi, lidah, gusi, dan langit-langit mulut tak boleh luput dibersihkan saat menyikat gigi. Tak perlu keras-keras, membersihkan bagian lidah, gusi dan langit-langit mulut bisa dilakukan dengan pelan-pelan.

Fungsi membersihkan bagian gusi, lidah, dan langit-langit tak hanya untuk menjaga kebersihan, tapi juga mencegah mulut mengeluarkan bau tak sedap.

Tahukah Anda bahwa sikat gigi harus diganti secara berkala? American Dental Association merekomendasikan sikat gigi diganti setiap 3 hingga 4 bulan sekali.

Apa fungsinya? Sikat gigi yang digunakan terlalu sering berisiko memiliki bulu sikat yang renggang, sehingga kemampuannya membersihkan plak akan berkurang.

Sikat gigi yang diletakkan di kamar mandi juga berisiko terpapar kuman dan bakteri dari toilet.

Pakar mengatakan untuk memiliki gigi yang bersih dan sehat, menyikat giginya tidak perlu keras-keras. Menyikat gigi terlalu keras justru berisiko menyebabkan gusi berdarah.

Teknik menyikat gigi yang baik adalah menyeluruh, dengan menyikat igi secara dua arah dan berputar.

Lakukan hal ini paling tidak dua menit dari sisi luar, pindah ke belakang, baru kebagian permukaan depan.

sumber : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4135803/4-kesalahan-yang-sering-dilakukan-saat-menyikat-gigi


©2018 www.grahamaya.com, All Right Reserved