Raya Dieng 2 Malang | Telp +62 (341) 551143 / +62 813 3410 2323
Home
Contact

Article

Senin , 06 Ags 2018 18:01:40

Adakah Vaksin Untuk Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut?

Vaksin diberikan melalui suntikan, oral, maupun semprot untuk menghasilkan kekebalan terhadap penyakit tertentu. Vaksin bisa diberikan sejak masih bayi hingga ketika dewasa. Namun, tahukah Anda bahwa vaksin untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut juga tersedia?


Ya, sudah sejak lama di beberapa negara telah dilakukan berbagai penelitian berupa vaksin, yang ditujukan untuk mencegah karies pada gigi.  Karies gigi merupakan gangguan kesehatan gigi yang paling sering dijumpai di rongga mulut, bersama penyakit periodontal. Karies gigi adalah suatu penyakit infeksi yang menyebabkan terjadinya lubang pada gigi. Penyebabnya adalah bakteri Streptococcus mutans.


Mekanisme terjadinya karies pada gigi dimulai dari pembentukan plak sisa-sisa makanan dan bakteri yang menempel pada permukaan gigi, dalam waktu yang lama. Kondisi tersebut kemudian menyebabkan timbulnya asam laktat yang akan menurunkan pH dalam mulut. Jika dibiarkan, dapat menyebabkan terkikisnya email sehingga menjadi karies pada gigi.


Saat ini beragam strategi pencegahan karies sedang dilakukan, mulai dari edukasi seputar kesehatan mulut, kontrol kimiawi dan mekanis plak, penggunaan fluoride, dan juga pengaplikasian pit dan fissure sealant. Banyak dari berbagai strategi ini dapat efektif secara luas. Namun, beberapa faktor seperti ekonomi, budaya, kebiasaan, serta minimnya pengetahuan menjadi penghalang. Tentu saja hal ini berdampak tetap tingginya jumlah kasus  karies gigi pada masyarakat.


Demi melawan karies gigi yang banyak dialami oleh masyarakat, maka dikembangkanlah vaksin yang efektif dan sesuai untuk aplikasi terhadap kesehatan gigi dan mulut masyarakat. Tentu saja lingkungan yang tidak memberikan mereka perawatan kesehatan secara rutin, menjadi fokus utama.


Pengembangan vaksin karies gigi


Di India, survei yang dilakukan pada anak-anak sekolah menunjukkan prevalensi karies sekitar 58 persen. Survei di antara populasi Amerika Serikat menunjukkan insiden 45,3 persen pada anak-anak dan 93,8 persen pada orang dewasa, dengan karies koronal baik pada masa lalu maupun sekarang.


Sejumlah besar uang dan waktu dihabiskan untuk penanganan karies gigi. Oleh karena itu, pencegahan dan pengendalian karies gigi adalah tujuan utama dalam kesehatan masyarakat. Baru-baru ini, vaksin karies gigi telah dikembangkan untuk pencegahan karies gigi.


Penelitian yang dilakukan di Cina sedang mengerjakan vaksin yang dapat membantu melindungi gigi dari karies gigi. Dipimpin oleh Yan Huimin, ilmuwan dari Wuhan Institute of Virology (WIOV), Cina, para peneliti menguji perpaduan protein untuk mencegah perkembangan karies gigi.


Dalam penelitian sebelumnya, para peneliti ini telah berusaha untuk melindungi gigi terhadap karies dengan menggabungkan protein dari bakteri Streptococcus mutans den C-terminal E. Coli-derived rekombinan dari protein flagellin (KF). Meskipun setelah diuji efektif dalam melindungi gigi terhadap karies, ditemukan efek samping dari perpaduan protein ini yang dapat menyebabkan peradangan.


Upaya untuk mengurangi efek samping ini, para peneliti mengembangkan KFD2-rPAc, generasi kedua dari protein fusi flagellin-rPAc mereka.Secara keseluruhan, protein tersebut terbukti mempertahankan tingkat perlindungan sebelumnya yang tinggi terhadap karies dengan efek samping minimal.


Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), perawatan gigi tetap menjadi masalah kesehatan utama di sebagian besar negara industri. Sekitar 60-90 persen anak sekolah dan orang dewasa diketahui menderita karies gigi. Jadi, dapat dipastikan dengan adanya vaksin ini, banyak orang yang akan mendapatkan manfaatnya.


Masih banyak pengujian yang perlu dilakukan sebelum vaksin ini siap untuk dipakai dan dipasarkan. Namun, meskipun nantinya vaksin ini dapat membantu dalam pencegahan terjadinya karies, tentunya menggosok gigi tetap menjadi hal yang penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, dan tentunya mengunjungi dokter gigi secara berkala.

sumber : https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3588174/adakah-vaksin-untuk-menjaga-kesehatan-gigi-dan-mulut


©2018 www.grahamaya.com, All Right Reserved