Raya Dieng 2 Malang | Telp +62 (341) 551143 / +62 813 3410 2323
Home
Contact

Article

Sabtu , 01 Sep 2018 16:47:15

Pentingnya Fluoride untuk Gigi Sensitif

Pernahkah Anda memperhatikan bahan-bahan pasta gigi yang tertulis pada kemasan? Jika ya, mungkin sering sekali melihat sodium monofluorophosphate tercantum pada bagian kandungan. Nama lainnya adalah fluoride. Ternyata, zat ini sangat baik untuk menjaga kesehatan rongga mulut sekaligus menangani gigi sensitif.


Gigi sensitif, atau istilah medisnya disebut hipersensitivitas dentin, adalah rasa yang tidak nyaman pada gigi dan gusi sebagai respons terhadap suatu rangsangan panas atau dingin. Biasanya karena mengonsumsi makanan atau minuman yang dingin atau panas.


Bahkan dengan embusan nafas melalui mulut, gigi juga dapat terasa nyeri. Hal ini bisa menjadi pertanda adanya masalah gigi yang lebih serius.


Penyebab lainnya bisa juga karena terdapat gigi yang retak, lapisan email yang terkikis karena gesekan kuat saat menggosok gigi, serta gigi yang mengalami erosi karena seringnya mengonsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam.


Terjadinya penurunan gusi (resesi gusi) sehingga permukaan akar terbuka juga menyebabkan gigi sensitif. Tidak sedikit pula, gigi menjadi sensitif setelah dilakukan perawatan memutihkan gigi (bleaching).


Bagaimana mekanisme terjadinya gigi sensitif? Bagian dari gigi, yaitu lapisan email yang sehat, berfungsi untuk melindungi mahkota gigi yang berada di atas garis gusi. Selain email, terdapat lapisan yang bernama sementum yang berfungsi untuk melindungi permukaan akar gigi.


Di bawah email dan sementum terdapat lapisan dentin yang tipis sehingga bila kedua lapisan pelindung ini hilang atau terkikis, maka saat terkena rangsangan panas atau dingin dapat mengenai saraf-saraf dalam gigi. Hal ini yang menyebabkan gigi menjadi sensitif.


Peran fluoride untuk gigi


Jika gigi Anda sudah sensitif, penting untuk lebih memperhatikan pemilihan pasta gigi dengan melihat kandungannya.


Kandungan terpenting dalam suatu pasta gigi adalah fluoride. Fluoride merupakan kandungan mineral alami yang terdapat dalam pasta gigi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Zat ini mampu mencegah kerusakan gigi berlubang dan meremineralisasi gigi geligi.


Terdapat dua cara dalam penggunaan fluoride, yaitu dapat berupa lokal dan sistemik. Secara lokal dapat dilakukan dengan cara berkumur menggunakan obat kumur yang mengandung fluoride, atau dengan menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride.


Aplikasi secara topikal dapat dilakukan dengan bantuan dokter gigi. Fluor dioles pada gigi geligi dengan menggunakan kuas atau dapat juga ditaruh di sendok cetak kemudian dimasukkan ke dalam mulut. Setelah perawatan ini pasien diharapkan untuk tidak makan maupun minum agar fluoride dapat terserap secara maksimal.


Sementara itu, cara sistemik dapat dilakukan dengan fluoridasi air minum dan pemberian fluor dalam bentuk tablet.


Dalam kasus gigi yang sensitif, penanganan gigi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengganti pasta gigi khusus gigi sensitif. Pasta gigi ini umumnya dapat membantu dalam mengatasi gigi yang nyeri.


Bisa juga menggunakan obat kumur yang mengandung fluoride. Menurut American Dental Association (ADA), berkumur dengan obat kumur ber-fluoride mampu memperkuat lapisan email gigi serta membantu melindungi terhadap sensitivitas. Berkumurlah satu kali sehari setelah menggosok gigi.


Kebersihan mulut merupakan langkah penting dalam mencegah kerusakan gigi atau penyakit mulut lainnya. Jangan lupa untuk menggosok gigi dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Gunakan pasta gigi atau obat kumur yang mengandung fluoride agar gigi sensitif Anda dapat tertangani.

sumber : https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3612104/pentingnya-fluoride-untuk-gigi-sensitif


©2018 www.grahamaya.com, All Right Reserved