Raya Dieng 2 Malang | Telp +62 (341) 551143 / +62 813 3410 2323
Home
Contact

Article

Senin , 03 Sep 2018 17:29:57

Apakah Pola Makan Mempengaruhi Kesehatan Gigi ?

Gigi merupakan bagian kecil dari tubuh manusia, namun gigi serta gusi memiliki peranan yang sangat penting terhadap kesehatan tubuh manusia. Ternyata kita membutuhkan gigi dan gusi untuk makan makanan bergizi dan kita juga perlu makan makanan bergizi agar gigi kita menjadi sehat.


Makanan yang dipilih dan seberapa sering makanan tersebut dikonsumsi dapat mempengaruhi kesehatan seseorang termasuk kesehatan gigi dan gusinya. Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi soda yang mengandung gula, minuman manis dan camilan yang tidak bernutrisi, kita akan lebih berisiko mengalami kerusakan gigi. Kerusakan gigi banyak dialami pada masa kanak-kanak, namun hal tersebut dapatlah dicegah.


Untuk mengkontrol jumlah gula yang dikonsumsi, mulailah dengan membaca fakta nutrisi dan kandungan pada label yang terdapat di kemasan makanan dan minuman. Makanan dan minuman yang paling sering ditemukan mengandung gula adalah minuman bersoda, permen, dan kue. Dokter atau ahli gizi juga dapat memberikan saran untuk pola nutrisi yang dapat kita konsumsi.


Ketika pola makan kita kekurangan nutrisi maka mungkin akan lebih sulit bagi jaringan di dalam mulut kita untuk melawan terjadinya infeksi, penyakit gusi sering terjadi pada kasus ini. Penyakit gusi yang parah merupakan penyebab utama kehilangan gigi pada orang dewasa. Pada beberapa penilitian juga menunjukkan bahwa penyakit akan berkembang lebih cepat pada orang dengan gizi buruk.


Untuk hidup sehat dan mendapatkan gigi serta gusi yang sehat, maka kita perlu memperhatikan dalam memutuskan setiap makanan dan minuman yang akan kita konsumsi. Maka ingatlah selalu, makanan dan minuman yang kita konsumsi dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan gusi kita dan mulailah melakukan pola makan yang seimbang dan mengurangi camilan diantara makan.


Tips saat memilih makanan dan camilan agar memiliki kesehatan gigi yang baik:


  • Perbanyaklah minum air putih
  • Makan berbagai makanan dari lima kelompok makanan utama, termasuk: gandum, buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak seperti daging sapi tanpa lemak, unggas tanpa kulit dan ikan; kacang kering, kacang polong, susu rendah lemak dan bebas lemak.

  • Batasi jumlah camilan yang kita makan. Ketika ingin mengkonsumsi camilan, pilihlah sesuatu yang sehat seperti buah atau sayuran atau sepotong keju. Makanan yang dimakan sebagai bagian dari makanan utama lebih sedikit menyebabkan kerusakan pada gigi daripada banyak makan camilan sepanjang hari, karena lebih banyak air liur yang dikeluarkan saat makan utama. Air liur membantu mencuci makanan dari mulut dan mengurangi efek asam, yang dapat membahayakan gigi dan menyebabkan gigi berlubang.


    Untuk kesehatan gigi yang baik, selalu ingat untuk menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride, lakukan floss setiap hari dan kunjungi dokter gigi secara teratur. Jika kita rutin untuk berkunjung ke dokter gigi, dokter gigi dapat membantu mencegah dan deteksi awal permasalah yang terjadi di rongga mulut.

    sumber : http://fdcdentalclinic.co.id/apakah-pola-makan-mempengaruhi-kesehatan-gigi-drg-monika-werdiningsih


©2018 www.grahamaya.com, All Right Reserved