Raya Dieng 2 Malang | Telp +62 (341) 551143 / +62 813 3410 2323
Home
Contact

Article

Sabtu , 08 Sep 2018 16:01:48

Dapatkan Gigi Sehat dengan Mengonsumsi 5 Menu Ini

Anda tentu tak pernah absen menyikat gigi demi mendapatkan gigi yang bersih. Menyikat gigi, berkumur menggunakan cairan pembersih mulut, hingga menggunakan dental floss (benang gigi), ketiganya dipercaya bisa menjaga kesehatan gigi Anda. Lantas, apa lagi yang perlu dilakukan agar  gigi sehat?

Menurut Christine D. Wu, seorang Pediatric Dentristy Researcher di University of Illinois, seperti dilansir Livescience, ada beberapa jenis makanan yang bisa meningkatkan kesehatan gigi secara alami.

Konsumsi makanan dan minuman ini

Tak hanya makanan, minuman yang sangat mudah Anda temui rupanya juga berkhasiat  untuk membuat gigi lebih sehat. Berikut ini telah dirangkum makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi jika ingin mendapatkan kondisi gigi dan mulut yang terbaik.

  1. Teh

Bagi Anda pecinta teh, ada kabar baik. Teh hitam dan teh hijau mengandung senyawa polifenol yang dapat memperlambat pertumbuhan bakteri sebagai salah satu penyebab tersering gigi berlubang dan masalah gusi.

Dilansir Livescience, para peneliti dari University of Illinois mengungkapkan bahwa orang-orang yang membilas mulutnya selama 1 menit menggunakan teh hitam sebanyak 10 kali dalam sehari, mengalami pengurangan penumpukan plak pada gigi mereka.

Sebaliknya, orang yang berkumur dengan air biasa, tidak berdampak apa pun. Tak hanya itu, teh, terutama teh hitam, juga bisa mengatasi bau mulut karena polifenol dalam teh benar-benar mengontrol bakteri penyebab masalah tersebut.

  1. Susu

Dalam studi yang diterbitkan oleh Journal of The American Dental Association, disebutkan bahwa meminum segelas susu lebih efektif menurunkan tingkat asam dalam mulut ketimbang meminum air putih dan segelas jus apel. Sebab, susu dapat menetralkan asam yang dihasilkan oleh bakteri penyebab plak.

Meski begitu, bila Anda membuat susu menjadi manis dengan mencampurkan sereal dan aneka makanan manis lainnya, kemampuan susu dalam menetralkan asam menjadi tidak optimal. Lebih baik, minumlah susu setelah Anda mengonsumsi makanan yang manis untuk melindungi kesehatan gigi

  1. Permen karet rendah gula

Tak hanya asyik, mengunyah permen karet rupanya berkhasiat melindungi gigi Anda. Sama seperti susu, jangan pilih permen karet yang kadar gulanya tinggi. Kunyahlah permen karet yang rendah atau bahkan tidak mengandung gula. Mengunyah akan meningkatkan sekresi air liur dan dapat membersihkan bakteri yang ada di mulut serta gigi Anda.

  1. Makanan renyah

Jangan langsung membayangkan bahwa Anda dianjurkan untuk mengonsumsi aneka kripik manis. Makanan renyah yang dimaksud di sini antara lain, apel, wortel, mentimun, atau aneka buah lain yang bila digigit akan menimbulkan suara “kres!”

Dengan mengonsumsi makanan renyah tersebut, Anda akan lebih banyak mengunyah, sehingga plak akan mudah dibersihkan. Selain itu, semakin Anda sering mengunyah, semakin jarang bakteri yang mengendap di gigi.

  1. Keju

Apakah Anda penyuka keju? Jika iya, Anda boleh berbahagia. Karena sebuah riset yang diterbitkan oleh jurnal General Dentistry melaporkan, anak-anak berusia 12-15 tahun yang mengonsumsi keju cheddar memiliki kadar asam lebih rendah di mulut ketimbang anak yang tidak mengonsumsinya.

Hampir sama dengan susu, keju terbukti bisa mengembalikan tingkat pH di mulut. Bedanya, keju dapat mengerjakannya lebih cepat daripada susu dan yoghurt!

Berbagai makanan dan minuman di atas sangat mudah untuk Anda jumpai, bukan? Maka, tidak ada alasan lagi untuk mengabaikan kesehatan gigi Anda. Upayakan gigi sehat dari sekarang agar di masa mendatang Anda tetap bisa tersenyum lebar dengan percaya diri.

sumber : https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3613026/dapatkan-gigi-sehat-dengan-mengonsumsi-5-menu-ini


©2018 www.grahamaya.com, All Right Reserved