Raya Dieng 2 Malang | Telp +62 (341) 551143 / +62 813 3410 2323
Home
Contact

Article

Rabu , 12 Sep 2018 10:30:24

5 Tips Mencegah Munculnya Plak Gigi

Setujukah Anda bahwa kepercayaan diri akan meningkat bila Anda memiliki gigi putih dan sehat saat tersenyum? Bila iya, coba bayangkan jika gigi Anda dipenuhi oleh plak? Tentunya plak gigi yang menempel bisa mengurangi rasa percaya diri saat tersenyum atau tertawa lebar karena takut terlihat oleh lawan bicara.

Munculnya plak gigi biasanya disebabkan oleh banyaknya bakteri yang menumpuk di gigi Anda. Makin lama, plak pada gigi akan menimbulkan pembusukan dan penyakit gusi.

Nah, agar hal itu tidak terjadi, dikutip dari WebMD, Anda bisa melakukan cara-cara di bawah ini demi mencegah plak gigi.

1. Sikat gigi minimal 2 kali sehari

Dari kecil Anda diajarkan untuk menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari. Perlu diingat juga bahwa menyikat gigi sehabis makan juga memberikan efek yang lebih baik. Sebab pertumbuhan plak setelah makan langsung dihalangi oleh proses pembersihan gigi.

Menyikat gigi sebelum tidur juga sangat direkomendasikan. Karena saat Anda tertidur, apalagi tanpa membersihkan gigi terlebih dahulu, bakteri-bakteri akan berkembang sepanjang malam dan akhirnya dapat menimbulkan plak.

Selain memperhatikan frekuensi dan waktu untuk menyikat gigi, perhatikan pula sikat gigi Anda. Gunakan sikat gigi berbulu halus supaya dapat membersihkan sela-sela gigi secara optimal dan tidak melukai gusi.

Bagi Anda yang jarang mengganti sikat gigi, hilangkanlah kebiasaan itu. Sebab, bila bulu sikat sudah kasar dan tersebar, proses menyikat gigi tak akan efektif untuk menghilangkan bakteri. Gantilah sikat gigi setiap 3 sampai 4 bulan sekali.

Setelah memperhatikan frekuensi, waktu, dan sikat giginya, kini Anda juga harus tahu cara menyikat gigi yang benar agar plak tidak bersarang di gigi Anda.

  • Saat menyikat, peganglah gagang sikat gigi pada sudut 45 derajat ke arah gigi dan gusi.
  • Gerakkanlah sikat tersebut secara melingkar untuk membersihkan permukaan gigi. Ingat, lakukanlah secara lembut, bukan asal dan kasar.
  • Bersihkan pula permukaan samping dan bagian dalam gigi.
  • Tutup mulut Anda saat sedang menyikat gigi.
  • Jangan lupa juga untuk menyikat perlahan pada permukaan lidah untuk menghasilkan napas yang lebih segar.
  • Sikatlah gigi Anda selama 2 menit untuk hasil yang optimal.

2. Fokuskan pada sela gigi

Meskipun Anda rajin membersihkan permukaan gigi, plak tetap masih bisa muncul bila Anda luput membersihkan sela-selanya. Untuk itu, jangan lupa bersihkan sela-sela gigi dengan cermat. Bila perlu, gunakan benang gigi atau dental floss. Disarankan, setidaknya Anda menggunakan benang tersebut sekali dalam sehari.

Jika benang gigi bukan menjadi opsi favorit Anda, berkumurlah dengan cairan water flosseratau gunakan pembersih plak gigi yang terbuat dari kayu (wooden plaque remover). Anda bisa melakukan hal itu sebelum atau sesudah menyikat gigi.

3. Rajinlah berkumur

Berkumur-kumur setelah makan sebenarnya bukanlah hal yang jorok. Meski begitu, ada sebagian orang yang menganggapnya sebagai hal yang tidak sopan. Padahal dengan berkumur, itu adalah upaya untuk membersihkan mulut dan gigi yang paling sederhana.

Bersihkanlah gigi dan mulut Anda dengan cara berkumur menggunakan obat kumur antibakteri. Sebab, selain membuat napas lebih segar, obat kumur antibakteri membuat plak-plak yang membandel pada gigi jadi lebih mudah untuk disikat dan dihilangkan.

Meski begitu, jangan terlalu sering berkumur dengan obat kumur antibakteri yang mengandung alkohol, sebab mulut Anda akan terasa kering dan kekurangan air liur. Padahal, air liur juga baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Supaya tak salah dalam memilih obat kumur, konsultasikanlah dulu ke dokter gigi Anda.

4. Jauhi gula dan pati

Dilansir dari WebMD, banyaknya gula yang tertinggal pada gigi akan meningkatkan bakteri penyebab plak. Menyantap makanan atau minuman manis, misalnya permen, softdrink,minuman beralkohol dan makan makanan asam terlampau sering nyatanya dapat menyebabkan pembusukan pada gigi.

Tak hanya gula, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung pati atau tepung seperti keripik dan roti pun juga dapat menyebabkan munculnya plak yang membandel.

5. Kunjungi dokter gigi sebelum muncul masalah

Sering kali Anda berkunjung ke dokter gigi saat gigi telanjur bermasalah, misalnya saja gigi berlubang. Ada baiknya pergilah ke dokter gigi sebelum permasalahan gigi terjadi agar dokter bisa menanganinya lebih dini.

Terkadang, padatnya aktivitas membuat Anda lupa untuk memperhatikan kesehatan gigi dan mulut serta membersihkan gigi secara maksimal. Akibatnya, timbul plak gigi. Apabila belum ada waktu atau tempat yang pas untuk melakukannya, setidaknya berkumurlah dan kunyah permen karet tanpa gula untuk membersihkan mulut dan gigi untuk menghindari menumpuknya plak pada gigi.

sumber : https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3613630/5-tips-mencegah-munculnya-plak-gigi


©2018 www.grahamaya.com, All Right Reserved