Raya Dieng 2 Malang | Telp +62 (341) 551143 / +62 813 3410 2323
Home
Contact

Article

Jumat , 05 Okt 2018 10:34:27

Jangan Lakukan Hal Ini Agar Gigi Tetap Sehat

Seberapa penting sebenarnya menjaga kesehatan gigi dan mulut? Jawabannya, lebih dari penting. Memperhatikan keduanya sama saja dengan meningkatkan kondisi kesehatan Anda. Jika gigi dan mulut Anda bebas dari masalah, risiko penyakit serius seperti penyakit jantung hingga Alzheimer pun dapat berkurang.

Namun sayangnya, kesehatan gigi dan mulut kerap disepelekan orang. Banyak orang melakukan kebiasaan-kebiasaan tanpa berpikir apakah hal itu akan memengaruhi gigi atau tidak. Jikapun gigi sudah bermasalah, tak sedikit orang yang menunda-nunda untuk ke pergi dokter gigi.

mulai sekarang perhatikan kebiasaan-kebiasaan yang bisa merusak gigi dan mulut Anda sebagai langkah pencegahan. Berikut beberapa kebiasaan yang bisa merusak gigi dan mulut Anda seperti dilansir Men’s Health:

1. Mengunyah es

Ini sering dilakukan olah banyak orang. Tapi sebenarnya sangat berbahaya. Gigi akan mudah goyang dan akhirnya menjadi patah jika Anda suka menggigit es untuk menghancurkannya.

"Ini pada dasarnya sama saja mengunyah batu," kata Jonathan Schwartz, D.D.S., seorang dokter gigi di Manhattan Dental Health dan seorang profesor kedokteran gigi klinis di Columbia College di New York City.

"Sementara gigi kita ditutupi oleh bahan yang paling keras di tubuh kita, mereka tidak dirancang untuk menahan tekanan semacam itu," katanya.

2. Minum air mineral kemasan

Sebagian besar air mineral dalam kemasan tidak mengandung fluoride atau kurang dari yang diperlukan untuk kesehatan mulut yang baik. Padahal fluoride memperkuat gigi terhadap pembusukan dan meningkatkan remineralisasi, yang membantu memperbaiki kerusakan kecil.

Jika Anda penggemar berat minuman kemasan botol, Gregg Lituchy, dokter gigi asal New York, merekomendasikan penggunaan air keran siap minum untuk membuat kopi, teh, dan minuman rasa lainnya. Air keran siap minum dianggap memiliki banyak kandungan flouride.

3. Mengonsumsi minuman olahraga berlebih

Trifekta -- komponen asam, gula, dan aditif kimia – dalam minuman olahraga dapat melemahkan enamel, menciptakan celah bagi bakteri untuk menyelinap masuk ke gigi.

"Mengonsumsi minuman olahraga dalam jumlah berlebihan mungkin lebih buruk bagi kesehatan gigi Anda daripada soda," kata Dr. Sharifian, ahli gigi dari Washington, Amerika Serikat.

Jika Anda terpaksa harus mengonsumsi minuman penambah energi atau semacamnya, pertimbangkan untuk meminumnya dengan sedotan agar tak terkena gigi. Lalu, bersihkan dengan air sesudahnya atau kunyah permen karet bebas gula untuk menetralkan asam. Lakukan hal yang sama jika Anda minum soda juga.

4. Menggunakan gigi Anda sebagai "alat"

Menggunakan gigi untuk membuka botol, merobek label penjualan, atau mengoyak kantong plastik dapat mengotori, memecahkan, atau mematahkan gigi.

“Saya bersumpah, gunting atau pisau 100 persen lebih efektif daripada gigi Anda untuk membuka paket keripik Anda,” kata Dr. Schwartz. "Gigi juga tidak dirancang untuk menggigit pena, gagang kacamata, atau sedotan, atau bertindak sebagai tangan ketiga untuk membawa barang-barang.”

Anda mungkin tidak menyadari berapa banyak tekanan yang Anda berikan dan itu dapat menyebabkan gigi bergeser tidak pada tempatnya.

5. Banyak menyantap karbohidrat

Roti, pasta, dan biskuit dengan cepat berubah menjadi gula di mulut Anda. "Bakteri di mulut memakan gula itu, dan menyebabkan kerusakan gigi," kata Dr. Lituchy.

"Saya mencoba untuk tidak makan terlalu banyak tepung yang diproses, tetapi jika saya akan pergi keluar dan makan semangkuk besar pasta, saya akan menyikat gigi segera setelah itu, sebelum bakteri dapat mengubah gula tersebut menjadi asam yang merusak gigi saya," tambahnya.

6. Membiarkan sikat gigi tanpa tutup

Menyimpan sikat gigi Anda bersama sikat gigi orang lain dan dibiarkan tanpa penutup mengundang campuran bakteri. Selain itu, bakteri di dalam kamar mandi bisa hinggap di bulu sikat gigi Anda. Cobalah menyimpan sikat gigi di lemari tertutup atau gunakan penutup sikat gigi.

7. Tidak membilas mulut setelah menggunakan obat kumur

Obat kumur sangat bagus untuk membunuh bakteri yang mungkin Anda lewatkan setelah menyikat gigi, tetapi kandungan alkohol yang tertinggal dapat mengeringkan mulut Anda dan berujung pada pembusukan.

"Bakteri berbahaya tumbuh subur di lingkungan yang kering," jelas Carolyn Ghazal, D.D.S., seorang dokter gigi dari California, AS.

Celah kecil di lidah dan di seluruh mulut lebih terbuka ketika mulut kering, sehingga bakteri dapat dengan mudah mengendap. Jika tetap ingin menggunakan obat kumur, pilihlah obat kumur bebas alkohol, atau bilas dengan air sesudahnya.

8. Makan popcorn

Jika Anda suka memakan popcorn, pasti ada bagian yang tidak matang alias keras ketika digigit. Jika menemui hal itu, jangan paksa menggigitnya.

"Jika Anda memaksa menggigitnya, Anda dapat mematahkan gigi Anda menjadi dua," kata Dr. Lituchy.

"Saya punya pasien yang datang dengan gigi retak dan saya bertanya, 'Popcorn?' dan mereka seperti, 'Kok dokter tahu?' Ini adalah penyebab nomor satu gigi retak dalam praktik saya," katanya.

9. Menyikat gigi pada waktu yang salah

Menyikat gigi segera setelah makan adalah hal yang bagus. Tapi hindari melakukannya setelah makan atau minum sesuatu yang sangat asam, seperti anggur, kopi, soda, buah jeruk, atau jus buah.

“Setelah meminum sesuatu yang sangat asam, email gigi Anda akan melemah sementara. Tunggu sekitar 45 menit sebelum menyikatnya. Itu memberikan air liur Anda kesempatan untuk mencairkan keasaman,” Dr. Lituchy menjelaskan. Jika menyikat segera setelah meminum atau makan mengandung asam, itu dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.

10. Menyikat gigi terlalu keras

Menyikat gigi terlalu keras dan agresif itu buruk. Tidak hanya dapat mengiritasi gusi dan membuat gigi lebih sensitif terhadap suhu dingin, tetapi juga melunturkan email dan membuka celah untuk gigi berlubang.

Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan menggunakan sikat gigi berbulu lembut, yang efektif untuk menghilangkan plak dan cukup lunak untuk mencegah kerusakan.

11. Tidak sikat gigi sebelum tidur

Setelah satu hari yang panjang dan melelahkan, langsung merangkak ke tempat tidur tanpa sikat gigi terlebih dahulu adalah kebiasaan berbahaya.

"Menyikat gigi pada malam hari, sebelum tidur, adalah hal yang benar-benar penting," ujar Dr. Schwartz.

Itu karena plak, yang terbentuk pada gigi sepanjang hari, dapat mengapur dan menjadi karang gigi dalam 24 jam. Jika sudah terjadi, Anda tidak bisa menghilangkannya dengan mudah karena itu harus dikikis oleh dokter gigi.

12. Makan permen karet manis

Permen karet manis jelas bukan sesuatu yang baik untuk gigi, tetapi mengunyah permen karet tanpa gula dapat meningkatkan kesehatan mulut.

Makan permen karet tanpa gula bisa memproduksi air liur. Air liur mengandung banyak komponen kunci yang secara alami membantu remineralisasi gigi dan menjaga mulut agar tidak kering.

“Saya memberi tahu pasien saya bahwa mengunyah permen karet bebas gula berjenis xylitol setelah makan adalah cara yang bagus untuk membantu tidak hanya mengusir bau mulut, tetapi juga mencegah gigi berlubang,” kata Dr. Schwartz.

Xylitol adalah pemanis alami berbasis tanaman yang mencegah bakteri menempel di gigi dan telah terbukti mengurangi bakteri penyebab rongga di mulut Anda.

13. Tidak memeriksakan gigi secara rutin

Dokter gigi menganjurkan agar Anda memeriksakan kesehatan gigi dan mulut setiap enam bulan sekali. Akan tetapi, banyak orang yang melewatkannya dan cenderung menyepelekannya.

"Masalah pada mulut, biasanya muncul perlahan. Tetapi, ketika Anda malas datang 6 bulan sekali ke dokter gigi, rongga kecil yang tadinya tidak menyebabkan masalah tiba-tiba menjadi jauh lebih besar. Ini biasanya membutuhkan lebih banyak biaya untuk mengurusnya," kata Dr. Scwartz.

Itulah beberapa kebiasaan yang sering disepelekan tapi berbahaya bagi gigi dan mulut. Momentum Hari Kesehatan Gigi dan Mulut bisa dijadikan pijakan untuk bisa lebih memperhatikan kesehatan gigi dan mulut Anda. Jangan lupa juga untuk ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk perawatan gigi dan mulut Anda.

sumber : https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3613814/hindari-13-kebiasaan-ini-agar-gigi-lebih-sehat


©2018 www.grahamaya.com, All Right Reserved